Thinking about Craft Business

Sedang memikirkan untuk memulai sebuah bisnis di bidang craft? Banyak pertanyaan yang muncul saat kita memikirkan untuk memulai sebuah bisnis, seperti :

• Bagaimana cara memulainya ?

• Mengapa memilih bisnis craft ?

• Apakah bisnis craft bisa menghasilkan uang ?

• Apakah masa depan bisnis ini menjanjikan / prospek untuk jangka panjang ?

• Tipe bisnis craft apa yang harus dipilih ?

• Bagaimana menentukan harga jual kerajinan / produk kita ?

• Bagaimana jalur pemasarannya ?

• Bagaimana menyusun rencana dan strategi bisnis yang benar?

Hm.. seabreg pertanyaan muncul, sementara jawaban di otak masih kosong… Akhirnya mulailah perjalanan browsing sana sini untuk mengumpulkan informasi dan data.

Saya rasa informasi ini bisa bermanfaat juga buat teman-teman, karena itu saya akan membagikannya dalam postingan-postingan di blog saya ini.

Berhubung kita bergerak di bisnis craft maka anggapan saya kita semua adalah pecinta craft. Yang hobi membuat craft dan pada akhirnya ingin menghasilkan uang dari hobi kita tersebut.

Seringkali kita terjebak antara hobi dan bisnis. Sebagai hobi kita puas saat kita menghasilkan suatu barang / kerajinan. Sebagai bisnis kita harus mempertimbangkan kepuasan pembeli, bukan kepuasan kita. Kita harus memproduksi barang yang disuka konsumen bukan kesukaan kita. Syukur-syukur kalau kita suka pelanggan puas .

Jika kita serius ingin terjun di bisnis craft, maka kita harus ingat hal berikut :

Sebuah bisnis HARUS menghasilkan LABA / PROFIT.

Jika sebuah bisnis tidak menghasilkan profit maka pada kenyataannya itu adalah sebuah hobi.

Satu hal penting yang harus kita tanyakan pada diri sendiri adalah :

“ Mengapa saya memilih terjun dalam bisnis craft ?”

Tuliskan semua alasan kita di atas kertas dan lihat kembali setiap saat kita goyah / ragu. Hal ini akan membantu kita di masa depan saat kita menghadapi masalah.

Memulai bisnis craft kita sendiri dapat menjadi suatu hal yang sangat menarik, tetapi pada saat yang sama juga menakutkan dan membingungkan. Kalau anda merasakan hal yang sama saya berharap postingan – postingan berikutnya bisa sedikit membantu kita semua.

Shaun The Sheep – Sunday School Activity

Hai jumpa lagi . . . . Posting kali ini tentang domba kecil yang kubuat untuk aktifitas anak kelas sekolah minggu usia batita. Berhubung mereka masih kecil-kecil jadi mereka kebagian menempel jambul/ rambutnya hehe…

Bentuk domba kali ini terinspirasi dari domba yang pernah kubuat waktu lomba menghias telur paskah.

easter egg contest

felt shaun the sheep

Tapi berhubung tidak ada stok telur plastiknya jadi badan kubuat dari flanel.  Oh ya berhubung ini ceritanya domba untuk cerita di sekolah minggu, jadi shaun the sheepnya kubuat warna putih semua.

Felt sheep

Felt sheep

Oke langsung aja check it out how to make it.

Material :

  • Flanel putih
  • Dakron
  • Perlalatan jahit : benang, lem, jarum, gunting

Step by Step Badan Felt Shaun the Sheep :

  1. Potong flanel bentuk lingkaran.
  2. Jahit jelujur sekeliling lingkaran
  3. Tarik / serut jahitan sambil atur bentuknya agar lonjong sehingga menyerupai badan domba.
  4. Isi dakron dan simpul mati
  5. Jadi deh badan shaun the sheep-nya

Step by Step  kepala shaun the sheep :

  • Lakukan sama seperti membuat badan.
  • Hanya saat serut, tarik semua benang sehingga flanel membentuk lingkaran/ bulat.
  • Tempeli dengan mata dan mulut

Kaki shaun the sheep :

  • potong flanel bentuk persegi panjang
  • gulung flanel

Tahap selanjutnya menyatukan bagian badan dengan kepala dan kaki.

Lalu hias badan dengan dakron, tempel menggunakan lem.

Jadi deh felt sheep-nya.

Felt Sheep

Felt Sheep

Anak-anak batita ( bawah tiga tahun) tinggal menempel bagian jambul, mulut dan ekor.

Selamat Berkreasi

Unike

Bunga Poinsettia Flanel – How to Felt Poinsettia

Christmas is coming… :D You can make christmas ornament like this felt poinsettia.

Sebenarnya ini buatan saya tahun lalu, tetapi setiap Christmas bunga ini muncul bukan ? Dan sepertinya tidak akan tergantikan. Ingin membuatnya juga ? Simak Bahan dan Caranya berikut ini.

How to Felt Poinsettia

Bahan Bunga Poinsettia Flanel :

  1. Flanel merah, hijau
  2. Benang
  3. monte mutiara

Tahapan dalam membuat bunga poinsettia flanel :

  1. potong flanel merah 5 bagian besar, 5 bagian lebih kecil
  2. potong flanel hijau 3 bagian untuk daun
  3. jahit bagian tengah tiap flanel merah
  4. tempelkan pada 1 lembar flanel merah
  5. lanjutkan dengan kelopak yang lebih kecil di bagian atasnya
  6. hias dengan mutiara di bagian tengah
  7. tempel daun

Jadi deh Bunga Poinsettia flanelnya

Bisa diberi pita / benang sebagai alat untuk menggantung di pohon natal. Bunga ini juga bisa diaplikasikan pada parsel natal ataupun hiasan lainnya. Membuat kreasi anda semakin menarik dan siap anda jadikan hadiah unik untuk keluarga, rekan ataupun teman-teman anda. Selamat berkreasi.

Happy Crafting,

Unike

Ingin memesan bunga poinsettia flanel ini? Hubungi saya pada halaman about me.

Suka dengan posting ini. Please share to your friends :D

Hadiah Ultah – Pigura Flanel

Pigura Flanel ini adalah salah satu proyekku untuk DAPHNE, hadiah spesial untuk HUT nya yang pertama. May God Bless U always:D.

Bahan dan alat dalam membuat Pigura Flanel :

  1. Flanel
  2. Karton kaku ( bekas undangan yang tebal juga bisa )
  3. Isolasi bolak-balik
  4. Benang
  5. Gunting

Tahapan :

  1. Buat 2 persegi panjang pada karton. Satu untuk bagian depan, satu untuk bagian belakang
  2. Lubangi salah satu karton di bagian tengah ( ukur sesuai besarnya foto ). Saya menggunakan ukuran 4R
  3. Lapisi karton dengan isolasi bolak-balik
  4. Tempel kain flanel pada karton, lalu potong. Beri jarak sedikit untuk menjahit
  5. Jahit flanel
  6. Beri pita pada bagian atas, untuk menggantung pigura pada dinding
  7. Hiasi dengan aksesoris

Jadi deh….

Untuk Tema Ulang Tahun ini saya menggunakan hiasan kue tart, balon dan pita. Tidak lupa juga nama yang berulang tahun untuk menambah kesan spesial.

Selamat Berkreasi

Unike

Bunga Carnation Flanel – DIY Felt Carnation

Hai.. Hai… Dalam posting kali ini saya ingin membagi cara membuat bunga carnation flanel. Caranya cukup mudah kok… Alat tambahan yang perlu disediakan adalah gunting gerigi, namun jika teman-teman tidak memiliki gunting ini, jangan kuatir, karena bisa dimodifikasi, cukup gunting aja membentuk rumbai-rumbai kecil. Oke langsung saja check it out.

Source : fairyfox.blog.co.uk

Bahan dan alat Bunga Flanel Carnation :

  1. Flanel untuk kelopak bunga dan daun
  2. Benang yang kuat
  3. Gunting gerigi
  4. Kawat ( optional ) untuk batang bunga

Titik kritis / hal-hal yang bisa mempengaruhi bentuk dari bunga carnation flanel ini adalah : Continue reading

Pita Flanel – DIY Felt Bow

Pita flanel (DIY- Do It Yourself) felt bow berikut ini bisa teman-teman buat sendiri dengan mudah. Bisa dengan cara jahit ataupun tidak, cukup dengan lem saja.

Source: cdn.duitang.com via Pinterest

Keren bukan ? Pita ini bisa diaplikasikan pada berbagai macam barang. Membuat barang tersebut tambah indah. Bisa untuk bando/headband, kotak hadiah / kado, pigura, kotak tisue, dll.

Saya menemukan ide ini saat blogwalking ke blognya americanfeltandcraft. Namun ada sedikit beda pada pola pitanya, yaitu lebih lurus. Penempelan sabuk kecil di bagian tengah bisa dilakukan di tengah tahap ataupun di akhir.

Hmm bagi pecinta ketelitian pasti bisa mengenali bentuk2 pita flanel di atas yang kurang rapi. Ada bagian tengah pita yang berkerut, ada yang tidak. Suka-suka sih mau buat yang seperti apa. Ini dia nih polanya . . .

Hmm berhubung saya suka ketelitian :). Jadi saya mendesain dan memodifikasi sendiri pola pita flanelnya, setelah beberapa kali trial and error akhirnya jadi juga yang versi saya. Kalo dilihat-lihat pola pita flanel ini mirip dengan kumis ya haha…  Ini dia pita flanel design by me, ikutan mejeng juga . . .

Ini salah satu contoh aplikasi pada sepatu, tempel dengan clip khusus ( bentuk mirip jepit anting-anting )

Semoga posting DIY pita flanel ini bisa menjadi inspirasi teman-teman sekalian. Ayo mulai buat sendiri juga.

Your creativity is the limit.

Happy Crafting

Hadiah Unik {Baby Wreath}

Bingung memilih hadiah untuk teman atau keluarga anda yang baru melahirkan?  Bosan dengan hadiah yang itu- itu saja?  Seringkali teman kita itu pun menerima hadiah yang mirip dan dobel. Tidak ada suatupun yang unik. Hadiah Unike hadir untuk memberi sesuatu yang spesial.

Berikut ini salah satu hadiah yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi teman2 sekalian.

Baby wreath, ucapan selamat yang bisa dijadikan hiasan dinding pada kamar bayi. Nama bayi bisa dicantumkan untuk menambah kesan spesial. Warna bisa disesuaikan untuk baby boy or girl. Untuk tema hiasan bisa dipesan sesuai kesukaan si Mommy/Daddy dengan aneka karakter yang lucu dan imut.

image

Baby Wreath

Hadiah yang unik sekaligus membuat yang menerimanya merasa spesial karena dibuat secara khusus dan rapi.

Jika teman2 ingin membuatnya sendiri dan ingin tahu lebih detail tutorialnya, silahkan tinggalkan komentar. Jika cukup banyak peminat maka akan saya posting pada pembahasan berikutnya.

Malas untuk membuatnya sendiri, monggo silahkan diorder.

Happy crafting